Laman

Sabtu, 22 Februari 2014

Borneo island



Desa Long loreh, malinau selatan kabupaten malinau kalimantan timur.

Udah hampir setahun gak mengunjungi pulau borneo, bikin kangen memang, dengan keindahan alamnya, ramah penduduknya dan cantik pula gadisnya.

Cerita sedikit tentang kalimantan timur, kota yg berdiri tanggal 29 desember 1956 menurut dasar hukum UU/1956. dengan ibu kota samarinda yg mempunyai luas wilayah 211.440 km2 terletak pada 113'-44' BT dan 2'-25' LS.

Ada beberapa desa yg pernah gw sambangin di kalantan timur, cukup membuat mata terpesona salah satunya desa long loreh, yg berdekatan dengan perbatasan malaysia. 


Dengan tata letak pedesaan yg rapih, keasrian alamnya yg belum banyak tercampur tangan manusia, adat istiadat juga msih dipakai disini, dengan sistem gotong royong yg selalu dipakai masyarakat setempat, mencerminkan sekali wajah Indonesia dalam kebhinekaan tunggal ikanya.

Sangat amat berkesan mengunjugi desa ini, Seperti rumah kedua bagi gw, nyaman sekali berada di tengah masyarakat Borneo.


Desa kecil yg memiliki kekayasn luar biasa, salah satunya batu bara, kelapa sawit, hasil laut dan sungainya. hasil hutan dan ladangnya pun berlimpah, Sungguh luar biasa Indonesiaku ini. Dengan mengandalkan sedikit dri kekayaan alam  ini, seharusnya Indonesia bisa memakmurkan masyarakatnya dengan sebaik baiknya, fenomena memang,,,


Perjalan gw kedesa long loreh berawal dari sebuah pekerjaan, dimana gw dikirim kesana dalam rangka suatu pekerjaan. Berangkat dari bekasi, menuju bandara sukarno hatta cengkareng. diantar teman sekerja, memakan waktu 4 jam, perjalan yg begitu baik ditengah kemacetan jakarta.

Boarding pass di bandara soeta, waktu itu naik pesawat city link, anak perusahaan dari maskapai garuda Indonesia. Menuju bandara juwata tarakan, dengan transit di bandara sepinggan balikpapan, memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sesampainya di tarakan gw ga bisa melanjutkan perjalanan karna harus bermalam dulu di tarakan, menunggu jadwal sped boat besok pagi menuju malinau, selain speed boat sebenarnya bisa dengan pesawat capung, pesawat lokal yg menuju malinau, tapi gw milih jalur sungai menggunakan speed boat.

Pagi hari gw langsung menuju pelabuhan tarakan, beli tiket speed boat menuju malinau, perjalan memakan waktu 4 jam, kalau sungai tidak bersahabat bisa memakan waktu 6 smpe 7 jam.

Dari dalam speed boat gw disuguhin pemandangan yg luar biasa, hutan bakau yg luas dan hijau diatas sungai yg tidak ada habisnya dalam perjalan.

Sampai di malinau gw dijemput temen, menggunakan mobil menuju desa long loreh, perjalanan selama 2 jam dengan jalur perbukitan yg cukup indah menyambut kedatangan gw.

'Welcome to long loreh'

Kurindu alam indahmu borneo


Minggu, 04 Agustus 2013

Seputar Jancuk

Jancuk,,,

Jancuk,,,

Jancuk,,,


Setiap kali mendengar kata 'jancuk' selalu ingin lebih mengenal siapakah si'jancuk' itu?

Apa sih itu 'jancuk'?
Bahasa apa apa itu 'jancuk'?
Mahkluk seperti apa sih itu 'jancuk'?

Cukup membingungkan memang buat gw yang memang bukan asli orang jawa, tapi gw hidup dipulau jawa. Memalukan juga buat gw pribadi selaku penghuni pulau jawa, yang selalu mendengar kata 'jancuk' tapi gak tau apa artinya.

Dari lingkungan kerja gw yang mayoritas orang jawa, dari sini gw mulai mendengar, memahamai, pelajari dan juga sering melogatkan keteman kerja gw.

Bersahabat memang, 'jancuk' memberi warna baru dalam keseharian gw, khususnya didalam pekerjaan. Lebih leluasa mengatakan 'jancuk' ketika tahu apa arti, maksud dan tujuan 'jancuk'.

"Jancuk memang jancuk,,, jancuk tetap jancuk,,, jancuk itu jancuk,,," ya begitulah 'jancuk' "seperti aksara kekasih, tanpa mkna, tanpa cerita namun tetap hidup dikisahnya"


Jancuk,,,

Jancuk,,,

Jancuk,,,


'Janjuk' kata yang tidak mempunyai awalan dan ahiran, bahasa pendekatan (keakraban) yang sudah menjadi bagian budaya indonesia khususnya masyarakat surabaya. Bukan makna yang kasar menurut tiap2 konotasinya.

'Jancuk' itu bermasyarakat, berbudaya, sosial, ragam pergaulan yang luas. sama seperti; bro, mas bro, sob, bang, bung, mba, mba bro, cuy, coy, kawan. Kata sapa'n yang lebih menyatakan keakraban kepribadian seseorang.

Jika dengan 'jancuk' pun tak sanggup aku menjumpaimu,
 dengan air mata mana lagi dapat kuketuk pintu hatimu,,, 
inilah ungkapan (sujiwo tejo) presiden jancukers didalam tulisanya. 
Seorang budayawan, aktor, penyanyi, penulis, seorang dalang kontemporer sekaligus musisi.


Jancuk,,,

Jancuk,,,

Jancuk,,,


Perkenalan dengan kata 'jancuk' pertama kalinya denger dari teman kerja gw, kebetulan dia orang jawa, bicaralah dia sama bosnya yang juga orang jawa, "Jancuk tenan iki bos" yang kebetulan juga gw ga ngerti bahasa jawa (gw nyimak percakapanya dengan seksama). Dilanjutkan lagi dia bicara "wis sue, ora rampung2 kerjane"

Dengan nada santai si bos menjawab "lah,,, pie urusane? opo masalae?" begitulah kira2 percakapanya, dilanjutkan temen gw menjawab "urung iso ericsen bos, matriale urung teko"

Disini terlihat kedekatan hubungan antara seorang pekerja dengan bosnya, sesaat kedatangan bosnya langsung disambut dengan 'jancuk' dilanjutkan dengan masalah pekerjaan.

'Jancuk' pemanis kata, kata yang mengarah ke to the poin, Gak bertele2. Contoh lain: "jancuk,, wis sesasi urung gajian, pinjemi aku duit cuk!"

Kata 'jancuk' rasa kekesalan yang diungkapkan 'wis sesasi urung gajian' kalimat keluhan yang ditunjukan pada cuk (seseorang) 'pinjemi aku duit cuk!' Maksud tujuan kepada cuk (seseorang) 'cuk' disini bermakna panggilan akrab.

Bila kalimat diatas diubah ;
A: "pinjemi aku duit cuk!"
B: "lambemu langu,,, sampean pikir aku iki bank."
A: "(takbisa berkata2lah sudah)

Maksud tujuan si 'A' pinjem duit sudah tepat, to the point, cuma tak ada kata pemanis dan kalimat keluhan yang terungkap. Tak berhasilah dia mendapatkan pinjaman uang. Jika pun percakapan si 'A' mengatakan keluhanya, sangat kecil kemungkinan mendapatkan pinjaman uang. Karena udah ditembak kata duluan sama si 'B'.

Bila tepat penyampaian, rasa kekesalan ditambahkan kalimat keluhan dilanjutkan lagi maksud tujuan. Dengan ritme yang seirama dikemas secara rapih dan akrab dengan logatnya;

A: "jancuk,, wis sesasi urung gajian, pinjemi aku duit cuk!"
(otomatis jawaban si 'B' tidak langsung pada penolkan, rasa kekesalan ditambahkan kalimat keluhan dilanjutkan lagi maksud tujuan. Dengan otomatis pula jawaban si 'B' menenangkan dan memuaskan pastinya).


Jancuk,,,

Jancuk,,,

Jancuk,,,


Sepanjang sejarah kebudayaan nusantara sampai sekarang, tidak diketahui siapa pencetus 'jancuk' pertama kalinya. Seperti sejarah yang hilang, namun tetap hidup sampai sekarang. Bernilai sejarah, budaya, sosial dan politik yang terkandung didalam kata 'jancuk'.  Seperti apa yang dikatakan sujiwo tejo didalam bukunya.

Bukan hanya buku, 'jancuk' menurut sujiwo tejo yang diungkapkan lewat lantunan lagunya;

Kalau tambah lama tapi kok nggak sanggup
tambahi saja panggilanmu tuh JANCUK

Kalau tambah sanggup tapi tambah sombong
tambahi juga panggilanmu tuh JANCUK

ayo maju maju jangan lupa mundur
ayo mundur mundur jangan lupa maju
maju pantang mundur itu kuno kuno jadul
mundur pantang maju itu jadul kuno kuno
semua podo wae namanya JANCUK
Sami Mawon namanya JANCUK

Kalau pengin ngutang nggak sanggup
ngutang
Apa namanya  ...'lo bukan JANCUK

kalau mo ngutangi tak sanggup ngutangi
Apa namanya  ...'lo bukan JANCUK

ayo ngutang-ngutang dan ngutang-ngutangi
ayo kaya mbok jangan kaya sendiri
malu mau ngutang itu kuno kuno jadul
tak bisa ngutangi juga jadul kuno kuno
semua podo wae namanya JANCUK
Sami Mawon namanya JANCUK

Ndak' da kata dasar kasih awalan Jan
kasih akhiran cuk namanya  ...JANCUK

ada otak kosong kasih awalan Jan
kasih akhiran cuk otakmu..JANCUK

ayo tanpa dasar biar hidup dalam
ayo kosong-kosong biar gampang ngisi
hidup pakai dasar itu cetek cetek cetek
kalau otakmu full susah ngisi ngisi ngisi
lebih gampang kalau hidupmu JANCUK
lebih gampang kalau JANCUK

Inilah seputar 'jancuk' yang gw tau, menurut pribadi gw ga ada yang salah dalam kata 'jancuk', mungkin hanya pemahaman yang salah mengartikan kata 'jancuk' ini hanya sedikit bagian budaya Indonesia yang menyebar dikalangan Arek-Arek Surabaya.

Mohon maaf sebelumnya bila ada kesalahan pemahaman dengan kata 'jancuk' khususnya Arek-Arek Surabaya, gw cuma manusia usil yang ingin tau dan berpendapat sedikit tentang seputar jancuk.

"Salam Jancuk"

Kamis, 01 Agustus 2013

Pendakian Gunung Semeru 3767 mdpl


Go to semeru,,, dan pada akhirnya gw diperkenalkan menuju gunung semeru, puncak mahameru tempatnya bersemayam para dewa, sekian lamanya menunggu panggilan alam ini dengan mempersiapkan perlengkapan dan segala keperluannya, tepatnya 3 juni 2013 gw, nina, bedul, alfi, suryo dan ame berangkat kemalang. Welcome to semeru,,,


3 juni 2013

Bangun pagi seperti biasanya, packing ulang perlengkapan yang akan dibawa, dengan rasa menggebu gebu tak sabar mencumbu pasirmu mahameru (blom apa-apa udah gombal aja, heuheuheu) jam menunjukan pukul 07.00 selesai sarapan dan semuanya sudah siap gw pamitan keorang tua minta doa buat perjalanan kesemeru.

Dari bekasi menuju jakarta, janjian kumpul dirumah suryo di cipinang tapi sbelumnya gw kerumah nina dulu, kebetulan dirumah belom sempet ngopi jadi sekalian gw numpang ngopi ditempat nina sambil nunggu dia persiapan, selesai pamitan keortunya nina lanjut kerumah bdul, dirumah bedul udah ada alfi, packing ulang dirumah bedul pembagian bawaan logistik, selesai packing ulang  gw berempat lanjut kecipinang rumah suryo, gw sama bdul mampir dulu keklinik bikin surat keterangan sehat buat bedul (harap maklum baru sembuh penyakit jiwanya! Hahaha hari gini baru bkin surat sehat, kemaren kemana aja mas?) Lanjut rumah suryo, disana udah ada ame lengkap smua sudah kumpul, bercengkrama ramah kami semua.

Masih ada yg belum dipersiapkan ternyata, suryo belum bikin kartu keterangan sehat dari dokter (pada gila emang temen gw), jam menunjukan pukul 11.55, sambil menunggu cemas akhirnya suryo datang, pamitan keorang tua suryo lanjut kestasiun klender, masih dalam kecemasan didalam kemacetan rasa gerah bercampur aduk, akhirnya kami sampai distasiun kelender dan sungguh merepotkan dengan pengaturan baru KRL kami harus memutar jauh untuk masuk kestasiun dari biasanya dipintu masuk yang lama.

Kecemasan yang kesekian kalinya, ternyata pembaruan jadwal KRL berubah dan cukup merepotkan kami semua,,, kereta tidak langsung kestasiun senen malah membawa kami sampai kestasiun gambir. Penjadwalan KRL yang baru, dari stasiun kelender ke satsiun senen harus transit dulu di stasiun jati negara, baru bisa dilanjutkan kestasiun senen.

15 menit sebelum kereta matarmaja berangkat, dari stasiun gambir kami naik ojek ke stasiun senen, ditengah kemacetan jakarta dibawah panasnya terik mentari laju motor begitu cepat dilaju layaknya pembalap yang haus akan kemenanganya. Diantara kecemasan tertinggal kereta dicampur takutnya terpisah dari rombongan akhirnya kami tiba distasiun senen, tinggal menunggu bedul yang tertinggal dibelakang, 5 menit sebelum brangkatnya kereta akhirnya bedul datang, bergegas kami menuju loket langsung mencari gerbong dan tempat duduk.

Perjalanan yang penuh perjuangan, akhirnya kereta bergerak dengan perlahan meninggalkan stasiun senen menuju malang, disela perjalanan yang panjang dan membosankan kami berenam lebih mengenal satu sama lain, yang memang baru diperkenalkan diperjalan ini, karakteristik masing-masing mulai terlihat.

Perjalan jakarta-malang memakan waktu 18 jam (sesuai jadwal) tapi nyatanya 21 jam kami berada diatas jalur besi terombang ambing rasanya (heuheuheu)

4 juni 2013

Jam 11.15 kereta berhenti distasiun malang, melesetnya jam kedatangan sungguh diluar dugaan, merusak jadwal yang sudah dipersiapkan sebelum berangkat, tujuan kami selanjutnya adalah pasar tumpang.

Stasium malang - pasar tumpang kami menyewa angkot dengan biaya Rp.100.000, tujuan pertama mencari ATM dan warung mempersiapkan logistik yang kurang, foto copy,dll. sekali lagi kesabaran kami diuji dengan kempesnya ban mobil angkot yg kami cater, dengan sabarnya lagi pak sopir yang ga pnya ban serep dan harus menunggu ban ditambal.  Akhirnya kami tiba dipasar tumpang jam 13.00.

Pasar tumpang - ranu pani, perjalanan kali ini kami menggunakan jeep dengan menyewa RP.350.000, setelah kami rasa cukup perbekalan dan persiapan, kami pun berangkat keranu pani. Disugungkan pemandangan yang luar biasa sensasi yang berbeda ketika melihat kemegahan pemandangan alam kota malang dari atas sebuah jeep.

Rasa lelah hilang sudah, semangat bertambah membara mencumbu pasir mu mahameru, bergejolak jiwa mengembara serasa hidup didada (susah emang kalo ngomong sama pujangga :D) memang benar rasa lelah perjalanan sudah terbayar, ditambah liukan jalur jalur curam disamping lembah-lembah hijau nan indah, dipercantik lagi dengan kabut yang menyelimuti kecantikan alam kota malang ini.

Sesampainya disesa ranu pani (2200 mdpl) pukul 15.00, selayaknya pendakian di TN BTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) kami mengurus izin di pos informasi ranu pani, melanjutkan makan siang yang kesorean dan memang dari pagi belum keisi nasi. Lahap kami menyantap nasi rawon dengan nikmatnya sambil ditemani secangkir kopi hitam, mengembalikan tenaga yang cukup terkuras, istirahat sehabis makan dipondokan warung menikmati alam yang mulai senja.

Jam 15.50 serasa badan telah kembali bugar, keperluan pendaki sudah terpenuhi saatnya kami melanjutkan perjalanan menuju ranu kumbolo, diawali dengan doa dan niat yang luhur serta keinginan untuk mencapai tujuan. Kami memulai pendakian dengan trek awal menurun jalan beraspal menyusuri sisi ranu pani hingga bertemu plang 'selamat mendaki'

Trek menanjak menyambut kedatangan kami, jalan setapak yang syarat akan kealamianya seakan menuntun semangat kami untuk mendaki. Pos 1 (2300 mdpl) beristirahat sejenak, pendakian dilanjutkan dengan jalur yang landai dengan ritme berjalan agak cepat namun terasa panjang dan jauh. Pos 2 (2335 mdpl) disini kami disajikan dengan lembah-lembah yang curam jalur yang membuat nafas kita terponggoh ponggoh, kabut yang menutupi lereng-lereng perbukitan.

Hari mulai gelap dan kami mengeluarkan headlamp dan lampu pijar, sebelum melanjut pendakian malam kami beristrhat sejenak, melepaskan otot-otot dengan sedikit canda tawa. Ditngah perjalanan kami banyak menjumpai pendaki-pendaki lain yang akan turun keranu pani, tegur sapa pun terjadi diantara kami, memang bulan ini banyak sekali pendaki yang mengunjungi gunung semeru.

Pos 3 (2423 mdpl) kami mendapati pos yang telah ambruk, udara malam yang begitu dingin ditambah tebalnya kabut mengajak kami istirahat untuk yang kesekian kalinya, kelelahan tarjadi dan membuat tanya 'kapan sampainya' dilanjutkan brjalan lagi dengan menaiki sebuah tanjakan terasa licin dan susah untuk dilewati, ritme perjalanan yang begitu perlahan sangat hati-hati dalam melangkah.

Trek mulai turun hingga pos 4, nampak sinar-sinar lampu dari kejauhan, bertanda sudah dekatnya dengan ranu kumbolo dan kami lebih bersemangat berjalan disisa tenaga malam ini, hingga sampai pos 5 (2443 mdpl) istirahat, memandangi ranu kumbolo ditengah malam yang terlihat hanya puluhan lampu-lampu berjalan dengan aktifitasnya. Meneruskan perjalanan hingga sampai pada ranu kumbolo (2400 mdpl)

Langsung kami mendirikan tenda, melepas kelelahan dengan teh hangat dan makanan ringan yang kami bawa, saling bercerita dikehangatan tenda. Hari semakin larut saatnya tidur mempersiapkan tenaga buat besok trek kalimati dan summit atack.


pasar tumpang

jeep menuju ranupani

gapura selamat datang

ranukumbolo

5 juni 2013

Menyaksikan sunrise ranukumbolo, menikmati kesegaran pagi hari yang terasa alami, tebal kabut yang menghiasi sisi-sisi ranukumbolo. Acara selanjutnya masak dan makan besar, perut terasa lapar sejak malam yang begitu melelahkan.

Jam menunjukan pukul 08.00 persiapan kekalimati, packing ulang peralatan dan logistik kembali lagi kami berdoa untuk perjalanan ini.

Terlihat sudah tanjakan cinta didepan mata, yang dulu hanya melihat diinternet kini dia ada dihadapan gw, ingin rasanya menggauli indahnya kecantikanmu, dengan mitos2 mu itu! :D

Dengan tanjakan yang curam lagi pula tinggi, sangat berat untuk mendapatkan 'strike' ditambah lagi gw harus menuntun tangan nina untuk mendaki tanjakan cinta, berat, lelah, yang pastinya gw terpesona dengan keperkasaanya.

Diatas tanjakan cinta kami istirahat, memang melelahkan melewati tanjakan cinta, gw pun ga mendapatkan strike, dan sering kali menoleh kebelakang, hilang sudah harapanku 'heuheu' tpi itu hanya mitos boleh percaya atau tidak. Dari sini gw saksikan ranu kumbolo yang nampak mempesona, maju sedikit kedepan dihadapkan dengan oro oro ombo yang begitu cantik. Sungguh maha besar Tuhan dengan segala keindahanNya.

Dilanjutkan menyururi oro oro ombo (100 Ha) daerah vegetasi padang savana dengan hutan cemara, sampailah di cemoro kandang (250 mdpl) istirahat kami sejenak, mempersiapkan fisik untuk mencapai jambangan (3000 mdpl) dengan trek menanjak yg curam, banyak menghabiskan tenaga, terlihat rasa capek dimuka para pendaki, banyaknya istirahat memperlambat pendakian, benar benar diuji mental dan fisik kita di jalur ini.

Tiba dijambangan (3000 mdpl) terlihat sudah puncak mahameru dari kejauhan  mengalahkan rasa lelah kami, ritme perjalanan pun dipercepat melihat keadaan trek yang menurun, hingga tiba di kali mati 16.00

Langsung pembagian tugas; bedul sama alfi turun ke sumber mani ngambil air buat persiapan summit atack malam nanti. gw, nina, yoyo sama ame mendirikan tenda dan langsung masak, malam pun tiba, kegelisahan mulai merasuk didiri gw kekhawatiran terbesar melihat fisik teman-temen gw yang udah pada menurun. Sugesti pun datang tapi enyalah,,,

Sehabis makan dan minum kopi sedikit menghangatkan tubuh saya, rasa rileks, menenangkan diri, mempersiapkan segalanya untuk summit atack. Jam menunjukan pukul 21.30 mata pun belum bisa dipejamkan dan akhirnya gw dibanguni bedul jam 22.30 syukur dah msih bisa istirahat.

Dengan segala doa, usaha, dan kebersamaan kita sudah mencapai kalimati, malam ini kita akan melanjutkan pendakian kearcopodo lanjut ke puncak mahameru. Apapun konsekuensinya kita tanggung bersama, kesalahan terbesar adalah mementingkan ego atas keselamatan orang lain.

Perjalanan dilanjutkan meninggalkan kalimati dan peralatannya, kami hanya membawa perlengkapan seadanya. Mulai menyisiri hutan pinus yang penuh bebatuan, dengan trek curam yang begitu gagahnya seakan menampar jiwa, menusuk didalam kedinginanya.

Lebih dari pada yang gw takuti, kondisi fisik nina dari awal udah keliatan ngedrop, badanya menggigil, pola napas udah gak teratur, selalu gw tanya 'masih kuat gak' entah dah berapa banyak kalimat itu gw ucapin kenina.

Hingga mencapai arcopodo (2903 mdpl) kabut mulai tebal, debu pun mulai beterbangan, ditambah gerimis yg cukup deras, kami pun beristirahat sejenak sekedar menghangatkan badan dengan teh manis, kecemasan pun bertambah ketika melihat kondisi alvi, dan ame menurun, terlihat muka lelah dan pucat dikeduanya, begitu juga nina.

Perjalanpun kami lanjutkan hingga menjumpai pasir, ya jalur pasir memang begitu sulit tuk ditahlukan ditambah gerimis yang belum juga reda, kabut yang semakin menebal mengurangi jarak pandang, debu yang terus beterbangan, menambah kekhawatiran gw kepada teman-teman gw.

Langkah kaki pun terhernti terpelosok didalam pasirnya, terkapar dan terjatuh. sekali lagi menghancurkan mental dan fisik yg udah gw bangun selama ini, untuk yang kesekian kalinya gw tanya lagi kenina 'masih sanggup ga' nina pun masih menyanggupi pendakianya, gw pegang tangan nina masih terasa bergetar, menggigil tubuh nina, nafas yang semakin gak teratur, sungguh membingungan antara kondisi badanya dan jawabannya.

Sementara alvi sudah terlihat agak sedikit menyerah, dibantu bedul dia mendaki jalan, terperosok dan jatuh. Terlebih ame yg ngotot didalam kesakitanya, berjalan terus naik melawan ganasnya pasir semeru. Bersamaan dengan yoyo yang terlihat ambisius dipendakianya.

Jam sudah menunjukan pukul 03.00 prlahan demi perlahan kami pun melanjutkan perjalanan kami, entah berapa jauh lagi gw mampu melewati pasir mahameru yang gak ada habisnya, suhu udara semakin dingin, angin bertambah kencang, debu dan kabut masih menyelimuti tebal, terlihat sudah pemandangan kota malang dari kejauhan, ribuan lampu yg berpijar dari kejauhan.

Semangat untuk mencapai mahameru pun muncul, tpi apa yg gw liat dari temen2 gw, kelelahan kondisi yang emang udah ga prima, terkuras semua, dan akhirnya mengalahkan ego gw, gw cuma bisa menuntun kalian mau smpai mana, gak lama kemudian bedul nyusul gw dari belakang dan bilang mau turun, alfi sakit, dengan kondisinya yang mengharuskan mereka berdua turun.

Yoyo, ame, masih mau melanjutkan pendakianya, sedangkan nina jga mau ikut turun, tpi ada keraguan dihati nina dan masih mau ikut melanjutkan pendakiannya. Ada sedikit rasa ngotot dalam diri nina, tapi ga bakal ke tunjang dengan kondisi dia skarang ini, akhirnya gw ajak nina buat turun, yoyo dan ame tetap melanjutkan pendakianya.

Selamat berjuang kawan!!! Akhirnya gw sama nina pun turun dengan segala keputusan yang gw ambil. Mungkin dilain waktu gw akan kembali lagi mencumbu pasirmu mahameru,,,

sunrise ranulumbolo

tanjakan cinta

pemandanga ranukumbolo dari atas tanjakan cinta


 oro oro ombo

cemoro handang

kalimati

pemandangan pagi dijalur pasir


6 juni 2013

Sekembalinya kami dikalimati puku 07.30  menunggu kedatangan yoyo dan ame, dengan istirahat, menghangatkan badan dengan kopi sementara nina istirahat tidur, sibedul masak, dan gw turun kesumber mani ngambil air. Diperjalanan kesumber mani gw berkenalan dengan ariel pendaki dari kalimantan, kebetulan gw jga baru balik dari kali mantan, gak terasa ngobrol ngarol ngidul kami pun sampe di sumber mani.

Terjadi insiden kecil disini, 2 dry bag 5L yg gw bawa jatuh dan pecah, yang tersisa hanya 2 botol ukuran 1,5L. Berarti cuma punya cadangan air 3L untuk 6 orang sampai keranukumbolo, gw itung2 cukup lah.

Kembali ke kalimati, menyantap mie yg udah mateng dilanjut dengan ngopi-ngopi seperti biasanya, berbincang merencanakan trek menuju ranukumbolo dilanjutkan keranu pani.

Jam 11.00 akhirnya yoyo dan ame tiba dikalimati, terlihat kelelahan diantara keduanya setelah menahlukan mahameru diatas puncaknya, persiapan turun pun langsung dilanjutkan karena jadwal kita malam ini harus sudah ada diranupani, trek yang cukup berat ketika dihadapi dengan cuaca dan tenaga yang sudah terkuras.

Perjalanan dilanjutkan, menapaki jalan setapak meninggalkan kali mati dengan cuaca hujan yg cukup deras, melewati jambangan turun menyisiri hutan cemara hingga sampai melewati oro oro ombo, melewati kembali tanjakan cinta dan sampai diranu kumbolo, akhirnya kami memutuskan untuk ngecamp satu malam lagi diranu kumbolo melihat cuaca yang kurang bersabat dan kondisi badan yang sudah menurun.

7 juni 2013

Melihat sunrise, dilanjutkan masak dan makan besar, cukup ramai pagi ini diranukumbolo puluhan tenda berdiri disini, cukup banyak memang antusias pendaki dari berbagai penjuru Indonesia bahkan dari manca negara mengunjungi gunung semeru.

Perjalanan dilanjutkan menuju ranupani, jam 11.00 kami mulai perjalan dengan cuaca yang bersahabat, seperti menyisihkan rindu pada indahnya ranukumbolo dan ganasnya pasirnya mahameru membuat gw ingin kembali lagi dan menyusuri keindahanya, mungkin dilain waktu dan pada kesempatan yang berbeda.

Jam 16.00 kami sampai diranupani, lapor ke pos penjagaan dan menyerahkan sampah bawaan kami, membeli sedikit cendra mata dan langsung mencari jeep untuk langsung turun kepasar tumpang.

Diperjalanan menuju pasar tumpang sedikit tersendat, jeep yang kami naiki harus berhenti karena sedang ada pengaspalan jalan, suasana gelap dan dingin memutuskan untuk makan dan ngopi-ngopi diwarung yang disediakan masyarakat lokal untuk pekerja yang mengerjakan jalan tersebut.

Setelah menunggu lama akhirnya kami pindah mobil pick up yang biasa membawa sayuran karena pengaspalan yang belum selesai, cukup menyeramkan perjalan turun kepasar tumpang menggunakan pic up ditambah suasana malam yang gelap.

Sesampainya dipasar tumpang kami langsung mencarter mobil angkot dan memutuskan bermalam distasiun malam, dan membeli tiket kereta dipagi harinya.

8 jnui 2013

Berjalan disekitar stasiun malang, melihat aktifitas warga dipagi hari yang begitu ramai hingga bertemu mas ari (warga malang yang sedang jalan-jalan pagi) kebetulan dia mengajak saya berkeliling kepasar burung (pasar tradisional dimalang, menjual beraneka macam burung dan hewan peliharaan lainya).

Disamping pasar burung juga terdapat pasar bunga, begitu banyak jenis bunga bisa dibeli disini, kembalinya kestasiun malang juga dapat dijumpai taman rekreasi dan tugu alun-alun bundar yang menjadi icon kota malang.

Inilah sedikit pengalaman gw dikota malang, sungguh indah alamnya dengan berbagai macam budaya dan kecantikanya dan pada akhirnya kereta membawa kami sampai kejakarta mendapat pelajaran dan pengalaman yang luar biasa.

Galeri photos;
tugu alun-alun bundar malang

balai kota malang

masak malam dikalimati

keramaian diranukumbolo

packing

kelelahan diatas tanjakan cinta

trek ranupani

action

gw begaye

ninna

bedul

ame

suryo

satu lgi nih, alfi sebelah kiri gw

Gunung Semeru 3676 mdpl







Apa yang anda pikirkan tentang keindahan alam gunung semeru?,,, cukup indah memang, maha karya Tuhan dengan segala keindahanNya...  gunung semeru, gunung berapi aktif tertinggi dipulau jawa, dengan puncak mahameru 3.676 mdpl memiliki kawah diatas puncaknya (kawah jonggring saloko).

Gunung semeru terletak diwilayah pentadbrian antara kabupaten Malang dan Lumajang, dengan lokasi geografis antara 8'06'LS dan 120'55BT. Gunung semeru termasuk dalam kawasan TN BTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273H. Terdapat beberapa gunung seperti; Gn Bromo (2.392 mdpl), Gn Batok (2.470 mdpl), Gn Kursi (2.581 mdpl), Gn Watangan (2.662 mdpl), Gn Widodaren (2.630). Terdapat pula danau (ranu) ranu pani, ranu regulo, ranu kumbolo dan ranu darungan.

Diwilayah gunung semeru memiliki beragam macam flora dan fauna yang jenisnya beraneka ragam, seperti flora yang didonimir seperti pohon cemara, akasia, pinus dan jenis jamuju. Ada pula kirinyoh, alang-alang, tembelekan, harendong, anggrek edemik, edelwiss putih dll. Untuk fauna, masih ada belibis liar (khusus digunung semeru) macan kumbang, luwak, kijang, kancil dll.

Persiapan Pendakian Gn Semeru

Untuk pendaki pemula khususnya, persiapan harus lebih matang!!! Persiapan yang tidak cukup pada umumnya akan menyulitkan perjalanan dan merepotkan, disini gw mau berbagi sedikit tips persiapan pendakian;

Informasi Medan Pendakian

Cari sebanyak banyaknya info seputar gunung yang akan kita daki!!! Mencakup, bagaimana jalur pendakian, lokasi dilapangan, cek point peristirahatan, jarak tempuh, perbekalan, persiapan, yg pastinya biaya yang kita keluarkan. Dengan informasi perjalanan akan lebih mudah dan terlaksana, informasi bisa didapat di internet atau teman yang biasa daki gunung.

Persiapan Fisik

Yang pelru diketahui adalah gimana kondisi fisik kita, kemudian menyimpulkan fisik kita untuk melewati jalur pendakian tersebut. Hal yang kita lakukan adalah menjaga kondisi badan agar tetap prima dan sehat, selanjutnya memperbnyak olah raga / jogging, melatih fisik supaya tidak kaget pada saat mendaki, mengatur pola tidur sebelum mendaki, tanpa mempersiapkan fisik, pendakian akan terasa sulit, mudah cape, nafas ga teratur, badan ngedrop pastinya.

Persiapan Mental

Perjalanan yang tidak mudah, mental sangat berpengaruh besar didalam pndakian, dari sini tercipta rasa pengorbanan, impian, keinginan yang tinggi, ego, sikap ngotot, mendapat sugesti lebih untuk mencapai tujuan utama kita.

Bekal Perlengkapan

  • carriel bag, dilihat dari berapa lama perjalanan dan banyaknya perbekalan, trip 2-3 hari (30-50L), trip 3-5 hari (50-80L) trip 5 hari dan seterusnya bisa pakai 80L keatas.
  • perlengkapan gunung; sleeping bag, tenda, matras, senter badai, topi rimba, ponco, kompor, korek api, golok, trekking pole, masker, kaca mata, sarung tangan, jerigen, trash bag (tempat sampah untuk membawa sampah turun kembali).
  • bekal logistik; beras, makanan siap saji, mie instan, korned, telor, abon, kopi, gula pasir, teh, susu shaset, perlengkapan masak dan makan
  • bekal pribadi; baju, celana, direkomendasikan bawa baju bola, selain ringan mudah menyerap keringat, untuk celana, jangan pakai jeans, selain berat bahanya mudah menyerap air dan suhu udara, sangat dingin jika dipakai, untuk jaket pakai yg berbahan polar, selain hangat mudah menyerap keringat.
  • obat-obatan pribadi; obat maag, obat pusing, minyak kayu putih, balsem, koyo.
  • makanan yang mudah diserap tubuh dan mengandung banyak energi; madu, coklat, gula merah, minumas isotonik

Nah ni semua rekomendasi dari gw, selamat mendaki!!!

Sabtu, 27 Juli 2013

Islam dan gondrong





l

Imam Al-Ghazali

Biografi
Dengan nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i ialah cendikiawan muslim, pemuka agama Islam, ahli pikir, ahli filosof dan teolog muslim Persia. Lahir di Thus; 1058/450H dan meninggal di Thus;1111/14 jumadil akhir 505H, yang dikenal Algazel di dunia barat pasa abad pertengahan.

Lahir dari golongan miskin namun semangat dan kepintaran beliau yang banyak melahirkan ilmu-ilmu yang bermanfaat khususnya kaum Islam, beliau mendapatkan pendidikan gratis ditingkat dasar karena kepintaranya, Bahasa Arab dan Parsi yang fasih dan beliau mempelajari ilmu ushuluddin, ilmu mantik, fikih, filsafat dan keempat mazhab hingga mahir. dan diangkat menjadi guru di madrasah Nizhamiah tahun 484H.

Perjalan Imam Al-ghazali cukup panjang semasa perjalanan mencari ilmu dan mengamalkannya, tepatnya di Negara Islam seprti Mekkah, Madinah, Jerusalem, Mesir, didalam pengembaraanya beliau menulis kitab Ihya Ulumuddin yang sangat memberi manfaat bagi banyak orang, khusunya dalam memecahkan persoalan-persoalan duniawi.

Karya-karya besar Imam Al-ghazali;

Tasauf
  • Ihya Umuluddin (kebangkitan ilmu-ilmu Agama)
  • Kimia as'sadah (kimia kebahagiaan)
  • Misykah al-Anwar (the niche of lights)
Filsafat
  • Makasid al-Falasifah
  • Tahafud al-Falasifah
Fikih
  • Al-mushtasfa min'Ilm al-Ushul
Logika
  • Mi'yar al-Ilm (the standarad measure of knowledge)
  • al-Qitas al-Mustaqim (the just bamance)
  • Mihakk al-Nazar fi al-Manthiq (the touchstone of prof in logic)

NB; banyak refrensi

Jumat, 26 Juli 2013

opini gondrong



Banyak sebagian orang memparadikmakan bahwa 'gondrong' identik dengan kekerasan, premanisme, brutal, drug's dan lain sebagainya yang memang tidak ada kebaikan dibalik kegondronganya. Sudah cukup sesat pendapat itu semua!!!

Gondrong' Apa lebih buruk dari pejabat aparatur negara yang dandananya parlente, sepatu klimis yang ga kalah sama kumis, berdasi, berjas dan title yang ia punya, tapi apa dibalik itu semua??? 'Kriminalitas' dan jelas tentu tidak ada nilai yang patut dicontoh!!!

*korupsi
*KKN
*pencucian uang

Semua omong kosong dah semua.....

Menurut gw pribadi: 
  • Gondrong itu melambangkan kebebasan
  • Gondrong adalan luapan  ekspresi jiwa seni
  • Gondrong beda tipis sama ketangguhan dan ketegaran sejati

Sekarang mana  yang ente pilih, 'gondrong apa kriminalitas?' saran gw mah jadi orang baik2 aja dah! gondrong boleh yang penting jauh dari kriminalitas!!!

Masih Seputar Gondrong

Idealisme

Lebih mendalami lagi karakteristik dari gondrong, mempunyai gaya hidup lebih dari pada nilai seni, jiwa yang bebas mengekspresikan jati dirinya, lebih brani pada pandangan2 disekitar yang mengasumsikan bahwa gondrong negatif, gondrong itu anarki, gondrong itu premanisme.

Bagaimana gondrong disini bisa disebut idealisme? Dalam sbuah proses yang memang tidah begitu mudah, membutuhkan waktu yg tidak sedikit, 2-3 tahun dengan mengeraskan kepala (maksud gw keras kepala) tebal telinga, gak peduli omongan orang lain (orang tua, saudara, teman, guru, bahkan pacar) hingga menjadi suatu proses yg mempunyai nilai seni dengan prinsip2nya.

Tidak mudah seseorang untuk menetapkan hati untuk memilih jadi gondrong, terlebih dizaman seperti ini yang beranggapan sebagian orang gondrong itu negatif, kesalahan pemikiran masyarakat luas tentang gondrong, penilaian lebih terhadap
fisik dari pada karakteristik sigondrong
itu.

Gondrong itu pilihan, hasrat untuk berjiwa, 'art, natural and love' bukan ikut2tan, bukan mencontoh dan bukan untuk di contoh!!! Artikel disini tidak untuk mengajak kalian semua untuk menjadi gondrong, Saya hanya ingin mengembalikan pola pikir yang menegatifkan tentang gondrong, pola pikir yang tidak sesuai dizaman modrn seperti ini.

Budaya

keindahan berbudaya!!! kalo kita tarik mundur kebelakang dan melihat kebudayaan dan perjalanan zaman, gondrong menjadi status kehidupan dan simbol kekuatan. Seperti di Negara kita sendiri; dimana kerajaan-kerajaan besar berdiri, banyak raja-raja, kesultanan, kyai, yang berambut gondrong, seprti tokoh-tokoh pendekar, Wiro sableng, si buta dari goa hantu, jaka tingkir, dan banyak yang lainya. semuanya adalah pahlawan pada zamanya.

Kisah samson, manusia berambut gondrong dengan segala kekuatanya melawan kejahatan dibangsa Ibrani, yang konon katanya kekuatan yang berasal dari rambutnya yang gondrong, apa jadinya kalo samson botak? hilang kekuatan dan tak ada cerita skarang tentang samson.

Dijepang memotong rambut adalah simbol kekalahan, seorang samurai yang kalah akan memotong rambutnya (setara dengan haraki) haraki adalah membunuh diri dengan merobek perut, inilah tradisi yang dikenal seorang samurai dahulu. sama halnya dengan sumo, ketika seorang sumo pensiun dan memotong rambutnya berarti dia kalah dan hilang kehormatanya.

Rambut dapat melambangkan kekuatan, kejantanan, kemakmuran yang mempunyai nilai sosial, politik dan budaya, setelah perkembangan zaman dan masuknya pemikiran barat rambut dikatakan sebagai simbol intelektualitas seseorang, berambut pendek rapih adalah terpelajar